21/03/10

MINI RIOT!! (Review)

Mini Riot, Adalah sebuah gig studio yg menampilkan beberapa musisi chiptune dari Jawa tengah - D.I.Yogyakarta.
Event ini sedianya diadakan pada tanggal 13 maret 2010. Namun karena adanya sedikit masalah kecil akhirnya event ini mundur menjadi 14 maret 2010 bertempat di Big studio SalatigaJawa tengah.


Dalam acara ini turut tampil beberapa band diantaranya Agatha Hero (salatiga), Ready to Go (semarang), Ultraelectronis (kalimantan-semarang), Chiptonight (salatiga), Medusa Terror (Yogyakarta), Saving Private Gloria (Kudus) dan Twelve Insomnia (salatiga).
Jujur saja, saya sendiri terlambat saat datang ke acara ini. Hal ini disebabkan karena jarak Yogyakarta-Salatiga yang lumayan jauh dan masalah2 kecil seperti tersesat dan mencari pinjaman mobil. Tapi akhirnyapun saya bisa datang. Tidak tahu pasti pukul berapa saya datang, yang jelas saat itu band yang sedang bermain adalah Ultraelectronis (itupun saat dia memainkan lagu terakhir dan dibagian akhir pula)
Saya pun disambut oleh sebotol congyang dan beberapa teman diantaranya Memet (SPG) Jeb (12INSM) Sat (Ready to Go), Happy (CNUT) Hanif (ASDW) dll.
Setelah Ultraelectronis giliran Chiptonight yg tampil. saya kurang tahu pasti apakah dia menggunakan 1 LSDJ atau 2 LSDJ. yg jelas penampilanya pun sangat atraktif dan memuaskan.
setelah itu giliran Astronoise yg memainkan beberapa lagu dari split EP bersama Medusa Terror. Dan selanjutnya adalah salah satu band yang saya tunggu. Saving Private Gloria! trio nintendocore ini membuka penampilan mereka dengan mengcover lagu "Early Express" milik Lipstic Lipsing salah satu band indie dari Semarang dan disusul dengan lagu2 dari EP mereka.
Penampilan merekapun cukup atraktif, namun sayang saya melihat saat mereka membawakan lagu "i wanna fuck your girlfriend" tempo dr lagunya terlalu cepat sehingga sang vokalisnyapun sedikit terlambat (atau mungkin sebaliknya? vokalisnya yang terlalu terlambat?)
tp itu bukan masalah, menurut saya penampilan mereka malam itu memuaskan.
Penampilan selanjutnya dari Medusa Terror. Band tai anjing asu2nan ini tampak nervous dan grogi. Serasa melihat pria macho yg sedang berada di Spa dengan ribuan tetes keringatnya.
ya, tanpa rokok! (karena acara tersebut di dalam studio dan dilarang merokok) membuat penampilan band sok idih ini hancur lebur bagaikan wilayah gazza yg habis dibombardir tentara zionis israel.
Dan di ujung acarapun ditutup oleh penampilan dari Twelve Insomnia.
single project dari drummer Workstation (juara gudang garam rock festival) ini sangat2 atraktif.
memainkan lagu 6 in 1 dari salah satu EP nya dengan memainkanya secara maraton. tak heran jika salah satu band chiptune luar negri (saya lupa namanya) mengatakan "jika ada kemauan, suatu saat twelve insomnia dapat bermain di blip fest" tentunya beliau mengatakan dengan bahasa inggris.
Dan akhirnya acarapun ditutup dengan ucapan terimakasih dari Jeb dkk. Secara keseluruhan acara ini sangat menarik dan memuaskan (keculi penampilan Medusa Terror :P).
Dilihat dari jumlah penonton mungkin tak sebanyak dari gig2 metal ataupun power pop yang sedang digandrungi anak2 muda saat ini. Namun untuk ukuran kota Salatiga yang menyelenggarakan sebuah event Chiptune (yg notabenya musik yang masih sangat minoritas) acara ini bisa dibilang sukses!
Lalu bagaimana dengan jogja? sebuah kota besar yg sering dibangga2kan dengan musisi2 ekperimentalnya?
Jogja adalah kota pelajar, mungkin orang2 disini sibuk dengan urusan kuliah mereka. (mungkin saya jg termasuk diantaranya)


-Lame / Medusa Terror-


For Photo:

AGATHA HERO from SALATIGA:




READY TO GO from SEMARANG:




ULTRAELECTRONIS feat DESMON from SEMARANG:




CHIPTONIGHT from SALATIGA:




ASTRONOISE from JOGJA:




SAVING PRIVATE GLORIA from KUDUS:




MEDUSA TERROR from JOGJA:




TWELVE INSOMNIA from SALATIGA:



All Photo from Andaru Dwika Yanuar
Except Saving Private Gloria & Astronoise photo by Coretan Usang
and you can read other review at http://twelveinsomnia.blogspot.com/

2 komentar: